Senin, 08 November 2010

Masalah Sekolah / Madrasah yang paling serius



J. Masalah Sekolah / Madrasah yang paling serius

Masalah serius yang dihadapai MTs Nurul Hikmah Haurgeulis dalam melaksanakan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah adalah sebagai berikut :

1. Kekurangan ruang belajar (Teori)
2. Kekurangan guru yang berkelayakan
3. Belum memiliki ruang Laboratorium IPA
4. Kurang lengkapnya sarana dan prasarana.
5. Kurang Tenaga Guru yang definitif (DPK).
6. Belum ada laboratorium bahasa
7. Kurang lengkapnya alat peraga pembelajaran


BAB II
STRUKTUR ORGANISASI
MTs NURUL HIKMAH HAURGEULIS

  1. ORGANISASI MADRASAH


 

























  1. FUNGSI DAN TUGAS MADRASAH

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai Unit Pelaksana Tugas (UPT) pendidikan jalur sekolah, secara garis besarnya memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
1. Melaksanakan pendidikan di sekolah selama jangka waktu tertentu sesuai dengan jenis, jenjang dan sifat madrasah/sekolah.
2. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
3. Melaksanakan bimbingan dan konseling bagi siswa di madrasah/sekolah.
4. Membina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
5. Melaksanakan urusan tata usaha.
6. Membina kerjasama dengan orang tua, Kantor Wilayah Departemen Agama di Propinsi dan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota
7. Membina kerja sama dengan Dinas Pendidikan di Propinsi, dan Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota.
8.  Membina kerja sama dengan orang tua, masyarakat dan isntansi terkait.
9. Bertanggungjawab kepada Kantor Wilayah Departemen Agama  di Propinsi, melalui Kepala kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota

C. FUNGSI DAN TUGAS PENGELOLA MADRASAH
Pengelola Madrasah terdiri dari :

1. Kepala Madrasah
Kepala Madrasah berfungsi dan bertugas sebagai educator, manajer, administrator, dan supervisor (EMAS) :
a. Kepala Madrasah selaku educator bertugas melaksanakan proses pembelajaran  secara  efektif
    dan efesien (lihat tugas guru mata pelajaran)
b. Kepala Sekolah selaku manajer mempunyai tugas :
1) Menyusun perencanaan
2) Mengorganisasikan kegiatan
3) Mngarahkan kegiatan;
4) Mengkoordinasikan kegiatan;
5) Melaksanakan pengawasan;
6) Melakukan evaluasi terhadap kegiatan;
7) Menentukan kebijaksanaan;
8) Mengadakan rapat;
9) Mengambil keputusan
10) Mengatur proses belajar mengajar
11) Mengatur administrasi :
(a) Ketatausahaan;
(b) Siswa;
(c) Ketenagaan;
(d) Sarana dan prasarana
(e) Keuangan/rapbs
12) Mengatur organisasi siswa intra sekolah
13) Mengatur hubungan madrasah dengan masyarakat dan instansi terkait.

c. Kepala Madrasah selaku administrator berfungsi menyelenggarakan administrasi
1) Perencanaan
2) Pengorganisasian
3) Pengarahan
4) Pengkoordinasikan
5) Pengawasan
6) Kurikulum
7) Kesiswaan
8) Ketatausahaan
9) Ketenagaan
10) Kantor
11) Keuangan
12) Perpustakaan
13) Laboratorium,
14) Ruang keterampilan
15) Bimbingan dan konseling
16) UKS
17) OSIS
18) Serbaguna
19) Media
20) Gudang
21) 6K

d. Kepala Madrasah selaku supervisor bertugas menyelenggarakan supervisi mengenai :
1) Proses belajar mengajar;
2) Kegiatan bimbingan dan konseling;
3) Kegiatan ektrakurikuler;
4) Kegiatan ketatausahaan
5) Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait;
6) Sarana dan prasarana;
7) Kegiatan OSIS;
8) Kegiatan 6K.

Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Madrasah dapat mendelegasikan kepada Pembantu Kepala Madrasah

2. Pembantu Kepala Madrasah
Pembantu Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Haurgeulis terdiri dari 4 (empat) orang masing-masing sebagai Pembantu Kepala Madrasah Urusan Kurikulum, Pembantu Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan, Pembantu Kepala Madrasah Bimbingan dan Penyuluhan, Pembantu Kepala Madrasah Urusan Hubungan dan Kerjasama dengan Masyarakat.
Pembantu Kepala Madrasah membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

a. PKM  Urusan Kurikulum
1) Menyusun Program Pengajaran
2) Menyusun Pembagian Tugas guru dan jadwal pelajaran.
3) Menyusun Program Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya
4) Menyusun jadwal dan pelaksanaan ulangan umum serta ujian akhir.
5) Menerapkan kriteria persyaratan naik / tidak naik kelas dan kelulusan.
6) Mengatur jadwal penyerahan buku Laporan Hasil belajar Siswa, Ijazah Daftar Nilai Hasil      Ujian Nasional (DNHUN);
7) Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan silabus, program tahunan, program      semester, dan program pembelajaran.
8) Mengkoordinasikan dan menyarahkan penyusunan instrumen evaluasi hasil belajar, dan analisis hasil evaluasi;
9) Menyusun laporan pelaksanaan pelajaran;
10) Membina kegiatan MGMP;

b. PKM  Urusan Kesiswaan
1)   Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS;
2) Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam      rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS;
3)   Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi;
4)  Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidental.
5)  Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban,kerindangan, keindahan dan kekeluargaan;
6)  Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima beasiswa;
7)  Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili madrasah dalam kegiatan di luar madrasah;
8)  Mengatur mutasi siswa;
9)  Menyusun program dan jadwal kegiatan ekstrakurikuler;
10) Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala.

c. PKM  Urusan Sarana dan Prasarana
1) Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana;
2) Menyusun Proposal Pembangunan;
3) Menyusun rencana pemeliharaan dan penggantian sarana/prasarana
4) Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana;
5) Pengelola pembiayaan alat-alat pengajaran;
6) Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala;

d. PKM  urusan Bimbingan dan Konseling
Guru Bimbingan dan Konseling membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a. Menyusun program pelaksanaan bimbingan dan konseling;
b. Melakukan koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah
     yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar;
c. Melakukan koordinasi dengan guru mata pelajaran dalam rangka mengatasi masalah-    masalah yang berhubungan dengan pelanggaran tata tertib sekolah dan kenakalan  remaja;
d. Memberikan layanan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar;
e. Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan
f. Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling.
g. Menyusun statistik hasil penilaian bimbingan dan konseling;
h. Melaksankan analisis hasil penilaian bimbingan dan konseling;
i. Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling;
j. Mengikuti kegiatan Musawarah Guru Pembimbing (MGP), dan;
k. Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling.

e. PKM  Urusan Hubungan dan Kerjasama Masyarakat
1) Mengatur dan menyelenggarakan hubungan madrasah dengan dengan orang tua/wali siswa;
2) Menata fungsi dan peranan Komite Madrasah sesuai dengan peraturan yang berlaku;
3) Membina hubungan antara sekolah dengan Komite Madrasah;
4) Membina pengembangan hubungan antar madrasah dengan lembaga pemerintah, Lembaga Pendidikan Ma’arif, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya;
5) Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala.

3. Guru Mata Pelajaran
Guru mata pelajaran bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dan mempunyai tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efesien. Tugas dan tanggung jawab seorang guru adalah sebagai berikut :
a. Membuat program pengajaran:
1) Silabus/Analisis Materi Pelajaran;
2) Program Tahunan
3) Program Semester;
4) Program Satuan Pelajaran;
5) Program Rencana Pembelajaran;
6) Program Mingguan Guru
7) Lembar Kegiatan Siswa.
8) Instrumen Alat Evaluasi
9) Analisa Hasil Belajar
b. Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran;
c. Melaksanakan kegiatan penilaian (ulangan harian, Ujian Blok, dan tahunan).
d. Melaksanakan analisis hasil ulangan harian;
e. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan;
f. Mengisi Daftar Nilai Siswa

4.  Wali Kelas
Wali Kelas membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a. Pengelolaan kelas;
b. Penyelenggaraan administrasi kelas yang meliputi :
1) Denah tempat duduk siswa;
2) Papan absen siswa;
3) Daftar pelajaran kelas;
4) Daftar Piket Kelas;
5) Buku Absen Siswa;
6) Buku kegiatan pembelajaran/Buku Agenda Kelas;
7) Tata Tertib kelas.
c. Penyusunan dan pembuatan statistik bulanan siswa.
d. Pengisian Daftar Kumpulan Nilai siswa (Legger)
e. Pembuatan catatan khusus tentang siswa;
f. Pengisian Buku laporan Pendidikan;
g. Pembagian Buku Laporan Pendidikan.

5. Kepala Tata Usaha
Kepala Tata Usaha bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dan mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan madrasah meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a. Menyusun Program Tata Usaha Madrasah;
b. Mengelola keuangan madrasah;
c. Mengurus administrasi ketenagaan dan kesiswaan;
d. Menyusun administrasi perlengkapan sekolah;
e. Menyusun dan menyajikan data/statistik madrasah;
f. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 6K.
g. Menyusun laporan pelaksanaan ketatausahaan secara berkala.

D. STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) MADRASAH
Standar Pelayanan Minimal Madrasah
1. Ketersediaan kurikulum nasional
2. Tersedianya Kurikulum lokal
3. Keterlaksanaan Kurikulum Nasional Sesuai
4. Keterlaksanaan Kurikulum Lokal Sesuai
5. Prosentase daya serap Kurikulum Nasional 75%  Kurikulum
6. Prosentase daya serap kurikulum lokal 75%
1. Angka Partisipasi Kasar (APK) Meningkat
2. Angka Partisipasi Murni (APM) Meningkat
3. Angka Pendaftaran Siswa Meningkat
4. Angka Putus Sekolah (APS) Menurun
5. Angka Mengulang Kelas (AMK) Menurun
6. Kelangsungan belajar siswa (survival rate) Meningkat
7. Prosentase kelulusan 100%
1. Kinerja Kepala Madrasah Baik
2. Prosentase Guru berkualifikasi 60%
3. Prosentase Guru berkeahlian 60%
4. Ketenagaan
5. Rasio Guru dengan siswa 1 : 11
8. Infrastruktur Lengkap
1. Struktur Organisasi Ada
2. Personalia Ada
3. Uraian Tugas Ada
4. Organisasi Siswa Ada
5. Meknisme kerja Baik/Lancar
9. Anggaran
1. Anggaran Pemerintah Ada
2. Anggaran Swadaya Tidak Ada
10. Kinerja Personalia
1. Pemahaman Visi, Misi Madrasah Baik
2. Tingkat kehadiran guru 100%
3. Tingkat kehadiran tenaga administrasi 100%
4. Tingkat kehadiran tenaga kependidikan lainnya 100%
5. Tingkat kehadiran siswa 100%
6. Tertib administrasi 100%
7 Manajemen Sekolah





















Tujuan Khusus (4 Tahun Mendatang)
Bidang Akademis
1. Meningkatkan profesional dan kualifikasi tenaga pendidik yang dibuktikan dengan
    sertifikasi pendidikan;
2. Meningkatkan rasa tanggung jawab dan dedikasi tenaga pendidik dan tenaga
    kependidikan, serta peserta didik sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya masing-
    masing
3. Meningkatkan kualitas dan prestasi akademis, antara lain :
a. Rata-rata Nilai Ujian Nasional untuk mata pelajaran :
. Bahasa Indonesia = 7,00
. Bahasa Inggris = 8,00
. Matematika = 8,00
. Ilmu Pengetahuan Alam = 8,00
b. Standar Ketuntasan Belajar Minimal untuk mata pelajaran
. Bahasa Indonesia = 7,5
. Bahasa Inggris = 7,5
. Matematika = 7,5
. Ilmu Pengetahuan Alam = 7,5
4. Merealisasikan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP);
5. Warga sekolah memiliki semangat berprestasi sesuai dengan karateristik Manajemen
    Berbasis Sekolah, terutama berkeinginan menjadi juara Olimpadi Matematika dan MIPA
    tingkat provinsi;
6. Peserta didik memiliki karakter budi pekerti, sikap dan perilaku yang baik
Non Akademis
1. Kegiatan Pramuka menjadi peserta Jambore Nasional
2. PMR, Paskibra dan Paduan Suara menjadi juara tingkat Jawa Barat;
3. Tenis meja menjadi juara tingkat Jawa Barat
4. Juara lomba baca tulis alqur`an tingkat kabupaten

1. STRATEGI PROGRAM
Untuk mewujudkan tujuan di atas ditempuh dengan strategi sebagai berikut :
a. Mendorong tenaga pendidik untuk mengikuti pendidikan lanjutan (terutama tenaga pendidik yang belum memenuhi syarat kualifikasi akademis), dan mengikuti Pendidikan dan Latihan Kedinasan
b. Meningkatkan profesional tenaga pendidik dalam melakukan tugas proses pembelajaran  dan tugas lainnya
c. Menerapkan dan mengembangkan Majemen Berbasis Sekolah secara utuh
d. Melakukan inovasi dalam input dan proses pembelajaran
e. Mengembangkan lingkungan sekolah menuju komunitas belajar
f. Mengembangkan budaya nuansa Islami bagi seluruh warga sekolah baik selama di sekolah, dalam keluarga dan dalam kehidupan di masyarakat
g. Pembinaan life skill dan prestasi peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler
h. Menggalang partisipasi masyarakat secara optimal

2. STRATEGI PELAKSANAAN PROGRAM
4.1 Meningkatkan dedikasi dan tanggung jawab warga sekolah terhadap tugas dan fungsi       masing-masing.
Rencana Kegiatan
4.1.1 Mendorong dan memberi semangat kepada tenaga pendidik yang belum mengikuti syarat kualifikasi pendidikan untuk melanjutkan pendidikan sekolah baik yang diselenggarakan melalui proyek pemerintah maupun swadana
4.1.2 Mendorong tenaga pendidik yang telah berkualifikasi S1 untuk mengikuti  
          pendidikan lanjutan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing
4.1.3 Mengikutsertakan tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan dalam program Pendidikan dan Latihan (Diklat), baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten
4.1.4 Melaksanakan pembinaan profesional secara berkala di sekolah
4.1.5 Mendatangkan tenaga ahli untuk mengadakan pembinaan di sekolah.
4.2 Meningkatkan profesional tenaga pendidik dalam melakukan tugas proses pembelajaran dan tugas lainnya
Rencana Kegiatan :
4.2.1 Mengembangkan perangkat pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
4.2.2 Mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui Diklat Kedinasan dan Pembinaan profesi keguuan di sekolah
4.2.3 Menyelenggarakan dan mengembangkan fungsi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS) yang serumpun
4.2.4 Menyelenggrakan Penelitian Tindakan kelas (PTK)
4.2.5 Mendatangkan nara sumber untuk menambah wawasan tenaga pendidik secara utuh
4.2.6 Menyelenggarakan pelatihan keterampulan mengoperasikan komputer bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyelesaikan administrasi pembelajaran
4.2.7 Guru mengembangkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Life Skills.
4.2.8 Guru menyusun dan melaksanakan program remedial teaching dan pengayaan dalam proses pembelajaran
4.2.9 Guru melaksanakan klinik pembelajaran secara individual bagi siswa yang telah melaksanakan 2 kali remedial teaching;
4.2.10 Guru menyediakan waktu di luar jam pelajaran bagi peserta didik yang ingin berrtanya atau diskusi tentang pelajaran
4.2.11 Guru melakukan supervisi atau kunjungan PBM kepada guru lain yang mata pelajarannya sejenis atau sama
4.3 Menerapkan dan mengembangkan Majemen Berbasis Sekolah secara utuh
Rencana Kegiatan :
4.3.1 Menyusun, mengembangkan dan melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
4.3.2 Memberdayakan guru mengikuti pendidikan, pelitahan dan workshop mata pelajaran
4.3.3 Menebitkan buku pedoman sekolah dalam rangka sosialisasi peraturan dan kebijakan sekolah yang berkiatan dengan aspek input, proses dan outpun untuk mendukung pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah
4.3.4 Meningkatkan rata-rata Nilai Ujian Nasional 0,2 setiap tahun;
4.3.5 Meningkatkan Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) (0,50 setiap tahun)
4.3.6 Berusaha untuk memperoleh prestasi akademik di tingkat Jawa Barat
4.3.7 Berusaha untuk mengikuti dan menjadi juara dalam olimpiade Matematika dan MIPA tingkat Propinsi Jawa Barat;
4.3.8 Mengembangkan kinerja profesional guru
4.3.9 Mengembangkan kinerja profesional tenaga admoinistrasi
4.3.10 Mengangkat dan mengembangkan kinerja profesional tenaga laboran Ilmu Pengetahuan Alam
4.3.11 Mengangkat dan Mengembangkan kinerja profesional tenaga pustakawan
4.4 Melakukan inovasi dalam input dan proses pembelajaran
Rencana Kegiatan :
4.4.1 Sosialisasi program pengembangan sekolah ke Sekolah dasar dan madrasah Ibtidaiyah di lingkungan sekitar
4.4.2 Melakukan seleksi siswa melalui tes mandiri pada mata pelajaran Bahasa Inggris, bahasa Indonesia, matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
4.4.3 Menguji kemampuan siswa yang diterima dalam berbahasa Inggris dengan menggunakan tes wawancara
4.4.4 Melaksanakan Studin banding ke Sekolah Standar Nasional dan Sekolah Standar Internasional yang sudah mapan
4.4.5 Mengembangkan kinerja profesional tenaga guru;
4.4.6 Menyusun dan melaksanakan program remedial dan pengayaan
4.4.7 Mengikutsertakan peserta didik dalam lomba akademis (semua mata pelajaran)
4.4.8 Mengikutsertakan peserta didik dalam lomba non akademis (Pramuka, PMR, Kesenian, Olahraga, Keagamaan) minimal tingkat Kabupaten
4.4.9 Menggunakan alat bantu dan sarana/prasarana yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan dalam proses pembelajaran
4.4.10 Jumlah peserta didik setiap rombel maksimum 40 orang.
4.5 Mengembangkan lingkungan sekolah menuju komunitas belajar
Rencana Kegiatan :
4.5.1 Memiliki ruang kelas yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap
4.5.2 Memiliki gedung yang refresentatif sesuai dengan jumlah rombel dan satu shif
4.5.3 Memiliki 10 unit komputer untuk kegiatan ekstra , 2 unit komoputer untuk keguiatan Tata Usaha,
4.5.4 Memiliki Ruang Laboraorium Sains (Gedung A dan gedung B) dengan alat yang lengkap
4.5.5 Memiliki Ruang Laboratorium Bahasa
4.5.6 Memiliki ruang perpustakaan yang refresentatif dan nyaman dengan jumlah buku yang memadai serta pasiltas yang cukup;
4.5.7 Memiliki ruang Keterampilan dengan fasilitas yang lengkap
4.5.8 Memiliki Ruang Kesenian, OSIS, Pramuka, PMR dan UKS dengan fasilitas yang lengkap
4.5.9 Memiliki Ruang Bimbingan dan Konseling yang refresentatif dengan fasilitas yang lengkap
4.5.10 Memiliki Kamar Mandi/WC sesuai dengan jumlah Rombel
4.5.11 Memiliki Ruang Serbaguna yang refresentatif dengan fasilitas yang memadai
4.5.12 Memiliki alat kesenian, pramuka, PMR, UKS, dan Olah Raga yang lengkap
4.5.13 Memiliki kantin yang refresntatif, nyaman dan sehat
4.5.14 Memiliki Ruang parkir (kendaraan roda 2) yang aman
4.5.15 Memiliki taman sekolah
4.5.16 Memiliki lingkungan sekolah yang terpagar
4.5.17 Memiliki Web Side yang on line / jringan internet.
4.6 Mengembangkan budaya nuansa Islami bagi seluruh warga sekolah baik selama di sekolah, dalam keluarga dan dalam kehidupan di masyarakat
Rencana Kegiatan :
4.6.1. Membudayakan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) bagi seluruh warga sekolah
4.6.2. Sebelum Proses pembelajaran dimulai (pukul 07.00 s.d. pukul 07.15) seluruh peserta didik melalkukan tadarus Al-Qur’an dan berdo’a disaksikan oleh guru yang mengajar jam pertama;
4.6.3. Melaksanakan kegiatan PHBI secara berkala sesuai dengan waktu hari-hari besar agama Islam
4.6.4. Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan perempuan wajib menggunakan busana Muslimah, sedangkan peserta didik puteri diharuskan menggunakan seragam sekolah yang bernuansa Islami
4.7 Pembinaan life skill dan prestasi peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler
Rencana Kegiatan :
4.7.1 Menginventarisir jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler
4.7.2 Memberi tugas kepada Tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu dan mau untuk membina kegiatan ekstrakurikuler
4.7.3 Menyusun dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
4.7.4 Menginventarisir sarana dan prasarana yang diperlukan cabang-cabang kegiatan ekstrakurikuler
4.7.5 Menginventarisir peserta didik yang berminat dan berbakat dalam salah satu kegiatan ekstrakurikuler untuk diikutsertakan dalam loma tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, dan jika memungkinkan sampai tingkat Nasional
4.7.6 Sekurang-kurangnya satu tahun sekali (akhir semester gasal) diselenggerakan olimade atau PORSENI antar kelas
4.7.7 Menyelenggarakan sangar belajar mata pelajaran bahasa Inggris, Matematika dan IPA
4.7.8 Melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan ekstrakuriku-ler.
4.8 Menggalang partisipasi masyarakat secara optimal
Rencana Kegiatan :
4.8.1 Mengundang tokoh masyarakat dalam setiap kegiatan sekolah;
4.8.2 Menyelenggarakan pertemuan rutin dengan Komite Sekolah (minimal 4 kali dalam satu tahun) untuk membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan rencana program pengembangan sekolah;
4.8.3 Menyelenggarakan kerjasama dengan masyarakat sekitar sekolah dalam kegiatan ketertiban, kemanan, kenyamanan, kebersihan dan keiandahan.
3. OUT PUT YANG DIHARAPKAN
Pada Tahun 2012 MTs Nurul Hikmah Haurgeulis :
5.1 Memiliki tenaga pendidik yang berkualifikasi profesioanal yang dibuktikan dengan sertifikasi dari lembaga yang berwenang;
5.2 Tenaga pendidik mampu melaksanakan tugas secara profesional dalam proses pembelajaran dan tugas lainnya;
5.3 Menerapkan Majemen Berbasis Sekolah secara utuh;
5.4 Menunjukkan inovasi dalam input dan proses pembelajaran;
5.5 Mengembangkan lingkungan sekolah menuju komunitas belajar;
5.6 Melaksanakan budaya nuansa Islami bagi seluruh warga sekolah baik selama di sekolah, dalam keluarga dan dalam kehidupan di masyarakat;
5.7 Menunjukkan kegiatan ekstrakurikuler selain sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan minat peserta didik, juga dijadikan pembinaan life skill dan memacu prestasi yang dimiliki peserta didik;
5.8 Mampu menggalang partisipasi masyarakat secara optimal




C.   ANALISIS SWOT (ANALISIS TINGKAT KESIAPAN FUNGSI) SPM

No
Fungsi dan Faktornya
Kriteria Kesiapan
Kondisi Nyata
Siap
Tidak
1.
Kurikulum
a. Ketersedaan KurikulumNasional
b. Tersedianya Kurikulum Lokal
c. Keterlaksanaan Kurikulum Nasional
d. Keterlaksanaan Kurikulumlokal
e. Prosentase daya serap Kurikulum Nasional
f. Prosentase daya serap Kurikulum Loka
g. Rata-rata Nilai UN

Ada/ Lengkap
Ada/ Lengkap
Sesuai
Sesuai
75 %
75 %


Ada/ Lengkap
Ada/Lengkap
Kurang sesuai
Kurang sesuai











2
Peserta Didik :
a. Angka Partisipasi Kasar (APK)
b. Angka Partisipasi Murni (APM)
c. Angka Pendaftaran Siswa
d. Angka Putus Sekolah (APS)
e. Angka Mengulang Kelas (AMK)
f. Kelangsungan belajar siswa (survival rate)
g. Prosentasi kelulusan


Meningkat
Meningkat
Meningkat
Menurun
Menurun
Meningkat
100 %

Meningkat
Meningkat
Meningkat
Menurun
0 %
Meningkat
100 %



3
Ketenagaan
a. Kinerja kepala Madrasah
b. Prosentasi Guru berkua-lifikasi
c. Prosentasi Guru Berkeahlian
d. Rasio Guru dengan Siswa


Baik
60 %
60 %
1 : 13

Baik
40 %
40 %
1 : 13


4
Sarana dan Prasarana
a. Lahan
b. Ruang Teori
c. Ruang Lab IPA
d. Ruang Lab Bahasa
e. Ruang Lab bahasa
f. Mushola
g. Peralatan Lab./Media
h. Sarana Olah Raga
i. Infrastruktur
j. Rasio Buku teks dengan siswa
k. Buku Perpustakaan

Cukup
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
1 : 2
Lengkap

Cukup
Kurang
Belum ada
Belum ada
Belum ada
Belum ada
Kurang
Kurang
Kurang
1 : 5
Kurang


5
Organisasi
a. Struktur organisasi
b. Uraian Tugas
c. Personalia
d. Mekanisme Kerja

Ada
Ada
Ada
Baik/Lancar

Ada
Ada
Ada
Kurang Lancar


6
Pembiayaan
a. Anggaran Pemerintah
b. Anggaran Swadaya
c. Komponen yang dibiyai

Ada/Cukup
Ada/Cukup
Seluruhnya

Ada/ Kurang
Ada/ Kurang
Sebagian


7
Manajemen Sekolah
a. Pemahaman Visi, Misi Madrasah
b. Tingkat Kehadiran Guru
c. Tingkat Kehadiran tenaga administrasi
d. Tingkat kehadran tenaga kependidikan lain.
e. Tingkat Kehadiran siswa
f. Tertib administrasi
g. Kinerja Madrasah

Baik
100 %
100 %
100 %
100 %
Baik
Baik

Kurang
84 %
92 %
84 %
90 %
Kurang
Baik


8
Peranserta masyarakat
a. Dukungan Komite Madrasah
b. Dukungan Lembaga Pendidikan/Yayasan
c. Perhatian Orang Tua/ Wali
d. Peranserta tokoh masyarakat
e. Peranserta dunia usaha

Ada
Ada
Ada
Ada
Ada

Ada
Ada
Ada
Ada
Tidak ada



C. PROGRAM AKREDITASI MADRASAH
1. Rasional
Untuk menentukan tingkat kelayakan dalam menyelenggarakan pendidikan, sebagai dasar pembinaan dan pengembangan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di MTs Nurul HikmahHaurgeulis  dipandang perlu untuk segera mengajukan akreditasi madrasah.
2. Fungsi
2.1. Memberikan jaminan kepada masyarakat tentang kualitas pendidikan MTs Nurul Hikmah Haurgeulis
2.2. Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki MTs Nurul Hikmah Haurgeulis, sehingga dapat menyusun rencana pengembangan secara berkesimbangunan.
3. Rencana Kerja
3.1. Mensosialisasikan tentang rencana pengajuan Akreditasi Madrasah kepada guru, orang tua siswa, Komite Madrasah dan Yayasan.
3.2. Mempersiapkan sarana pendukung Akreditasi Madrasah.
3.3. Mengajukan permohonan Akreditasi kepala Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Barat

D. PROGRAM KERJA BIDANG KURIKULUM
1. Rasional
1.1 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum.
1.2 Untuk mewujudkan visi dan misi serta tujuan MTs Nurul Hikmah Haurgeulis  diperlukan adanya peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan, yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya.
1.3 Sumber daya manusia yang dimiliki MTs Nurul HikmahHaurgeulis belum memenuhii standar yang diharapkan, untuk itu maka diperlukan adanya upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia.
2. Tujuan
2.1 Meingkatkan kemampuan guru dalam menyusun program pembelajaran, melaksanakan PBM, menyusun instrumen evaluasi pembelajaran, meng-evaluasi hasil belahar, menganalisis hasil evaluasi belajar, dan menyusun dan melaksanakan program pengayaan dan remidial.
2.2  Meningkatkan nilai rata-rata hasil Ujian Akhir (Ujian Nasional dan Ujian Sekolah).
2.3 Meningkatkan kemampuan siswa dalam mata pelajaran yang di UAN kan (Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris)
2.4 Meningkatkan kemampuan siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab, Bahasa Inggris

3. Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kependidikan
3. 1. Pembinaan Guru melalui Rapat Kerja Pembinaan
3.1.1. Menyusun Rencana Program Rapat Kerja Pembinaan Tenaga Kependidikan.
3.1.2. Melaksanakan Rapat Kerja Pembinaan Tenaga Kependidikan pada awal Tahun Pelajaran untuk menyusun Silabus, Program Tahunan, Program Smester, Program Pembelajaran, dan menyusun instrumen evaluasi hasil belajar
3.1.3. Mengadakan Rapat Kerja pembinaan lanjutan untuk mengevaluasi hasil Rapar Kerja sebelumnya dan menganalisis serta mememcahkan masalah yang dihadapi guru dalam KBM dan evaluasi hasil belajar siswa.
3.1.4. Mengevaluasi hasil Rapat Kerja Pembinaan setiap awal bulan.
3.1.5. Mengusahakan agar guru selalu siap di dalam kelas.
3. 2. Pembinaan Guru melalui MGMP Lokal dan/atau mengirimkan guru mengikuti Diklat/Seminar
3.2.1. Menyusun Rencana Program pembentukan MGMP lokal.
3.2.2. Membentuk Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) di bawah koordinasi Pembantu Kepala Madrasah Urusan Kurikulum.
3.2.3. Melaksanakan MGMP untuk membahas strategi belajar mengajar guna mensiasati kurikulum yang padat.
3.2.4. Membahas dan mencari solusi dari masalah yang timbul melalui MGMP Madrasah.
3.2.5. Membantu guru dalam memahami materi bahan ajar yang sulit melalui MGMP.
3.2.6. Pertemuan Periodik setiap bulan, untuk dimensi hasil MGMP
3.2.7. Menentukan guru yang akan diikutsertakan dalam Diklat/Seminar

4. Menambah Tenaga Kependidikan yang Profesional
4.1. Mengusulkan kepada pemerintah c.q. Departemen Agama dan Dinas Pendidikan untuk mendapatkan guru DPK.
4.2. Mencari guru Tidak Tetap yang spesifikasi dengan mata pelajaran yang diajarkannya.

5. Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pembelajaran
5.1 Menyusun pembagian tugas guru dalam mengajar, sesuai dengan spesifikasi dan latar belakang pendidikan serta pengalamannya dalam mengajar, dan diusahakan seorang guru hanya memegang satu mata pelajaran.
5.2 Menyusun pembagian tugas dalam tugas tertentu. Sesuai dengan kemampuan guru yang bersangkutan, secara adil dan merata.
5.3 Menerbitkan Surat keputusan Kepala Madrasah tentang pembagian tugas guru, baik dalam tugas mengajar maupun dalam tugas tertentu.
5.4 Menyusun Jadwal pembelajaran tepat waktu dan disesuaikan dengan kesanggupan guru mengajar
5.5 Menyusun Jadwal Ujian Blok, Ujian Akhir Semester dan Ujian Akhir.

6. Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
6.1. Menentukan Guru Pembimbing
6.2. Menyusun rencana Anggaran Belanja Bimbingan.
6.3. Mengusahakan adanya alat audio visual Bahasa Arab. Inggris
6.4. Menyusun Rencana dan Jadwal Program Bimbingan Intensif.
6.5. Mengidentifikasi dan membentuk kelompok siswa penggemar Bahasa Arab dan/atau Bahasa Inggris
6.6. Mengadakan bimbingan intensif terhadap siswa penggemar Bahasa Arab dan/atau Bahasa Inggris.
6.7. Menampilkan siswa penggemar Bahasa Arab dan/atau penggemar Bahasa Inggris untuk berpidato atau muhadatsah/conversation dalam berbagai kesempatan

7. Meningkatkan Nilai Rata-rata Ujian Akhir
7.1 Menyusun Program dan Jadwal bimbingan intensif Ujian Nasional mulai bulan ke-2 semester 1.
7.2 Membimbing Siswa mulai pekan pertama bulan ke-4 sampai dengan menjelang Ujian Nasional dalam mensiasati menjawab soal-soal Ujian Nasional
7.3 Menyelenggarakan Try Out Ujian Nasional untuk memprediksi perolehan Nilai Ujian Nasional
7.4 Mengadakan tindak lanjut dari hasil Latihan Ujian Nasional
7.5 Meningkatkan layanan perpustakaan dan menambah buku teks, buku penunjang dan buku bacaan.

E. PROGRAM KERJA BIDANG KESISWAAN
1. Rasional
1.1 Siswa merupakan subjek pendidikan sekolah, mereka adalah generasi muda tiang negara. Nasib bangsa di kemudian hari tergantung kepada mereka.
1.2 Para pelajar harus dididik dan dibina dengan baik agar kelak mampu memimpin dan dipimpin.
1.3 Sifat emosional para pemuda masih labil, mereka sangat rentang akan pengaruh negatif yang berasal dari luar, oleh karena itu perlu diarahkan dan dibina sebaik mungkin.
1.4 Generasi banyak menyimpan potensi yang perlu digali dan diarahkan ke arah yang positif.

2. Meningkatkan Pembinaan Kesiswaan
2.1 Pengenalan kampus dan program studi melalui Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi siswa baru.
2.2 Mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi pengurus OSIS, dan anggota MPK.
2.3 Mengadakan Perkemahan Bersama.
2.4 Meningkatkan pendidikan dan pelatihan rutin Gerakan Pramuka, bingbingan da`wah, Paduan Suara, Olah Raga, serta kegiatan ekstrakurikler yang lainnya.
2.5 Mengadakan Upacara Bendera setiap hari Senin dan hari-hari Nasional.
2.6 Mengadakan Peringatan hari-hari besar Agama, dengan mengadakan lomba yang bernapaskan Islami
2.7 Mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, LSM, dan masyarakat
2.8 Meningkatkan disiplin siswa.

3. Meningkatkan Peranan OSIS dalam Menunjang PBM
3.1. Mengarahkan Pengurus OSIS dalam menyusun Garis-gris Besar Program Kegiatan (GBPK) OSIS agar selaras dengan program kegiatan sekolah.
3.2. Mengawasi dan mengevaluasi kegiatan OSIS.
3.3. Mengikutsertakan OSIS dalam kepanitiaan wisuda/pelepasan siswa kelas terkahir.
3.4. Mengikutsertakan Pengurus OSIS dan MPK dalam menyusun peraturan tata Tertib Siswa.
3.5. Mensosialisasikan kepada siswa tentang Paraturan tata Tertib siswa.

4. Meningkatkan Administrasi Bidang Kesiswaan
4.1. Mengisi dan memelihara Buku Induk Siswa, Buku Klaper dan Buku Mutasi Siswa.`
4.2. Mengisi dan memelihara Buku Absen siswa.
4.3. Membuat Data Statistik Siswa
4.4. Membuat papan Absen di setiap kelas
4.5. Mengisi dan memelihara Buku Agenda Kelas.
4.6. Menginpentarisir data siswa miskin

5. Meningkatkan Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Membantu Siswa.
5.1. Membuat Program Bimbingan dan Konseling
5.2. Membuat dan mengerjakan buku administrasi BK
5.3. Melaksanakan Bimbingan dan konseling kepada setiap siswa, baik yang memerlukan bimbingan secara khusus mapun siswa yang memerlukan bimbingan belajar.
5.4. Membina siswa yang sering melakukan pelanggaran peraturan sekolah ataupun tindakan kriminal (menyalahgunakan obat terlarang, meminum minuman keras dll.)
5.5. Melakukan evaluasi Bimbingan dan konseling
5.6. Meningkatkan fungsi dan peranan Wali Kelas dalam membina siswa yang menjadi tanggung jawabnya.
5.7. Memberikan bimbingan kepada siswa kelas IX dalam menentukan pilihan Sekolah yang akan dituju.

6. Meningkatkan Kegiatan Ekstrakurikuler
6.1. Meningkatkan latihan rutin gerakan pramuka , latihan da`wah. Seni kasidah, dan olah raga
6.2. Mendorong siswa untuk mengikuti salah kegiatan ekstrakurikuler, yaitu : gerakan pramuka , latihan da`wah. Seni kasidah, dan olah raga
6.3. Mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah.
6.4. Dapat ikut serta dalam perlombaan yang diselenggarakan di tingkat kecamatan,kabupaten maupun propinsi.
6.5. Melengkapi sarana-sarana yang diperlukan untuk kegiatan ekstrakurikuler.

F. PROGRAM KERJA BIDANG SARANA DAN PRASARANA
1. Rasional
1.1 Masalah yang paling serius dihadapi MTs Nurul Hikmah Haurgeulis adalah masalah kekurangan ruang belajar teori.
1.2 Standar ekonomi orang tua/wali siswa MTs Nurul Hikmah Haurgeulis sampai saat ini sebagian besar masih termasuk keluarga Prasejahtera.
1.3 Pendidikan adalah merupakan tangungjawab pemerintah, masyarakat dan orang tua siswa.
2. Penambahan Ruang Kelas Baru
2.1. Menyusun rencana kebutuhan Ruang Belajar Teori.
2.2. Menyusun Proposal Proyek pembangunan Rehab Bagunan, ditujukan kepada Kepala Kanwil Depag dan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, Dunia Usaha dan Perorangan.
2.3. Mengadakan musyawarah dengan Ketua Yayasan, Komite Madrasah dan Orang Tua/Wali Siswa untuk mencari alternatif masalah kekurangan ruang belajar
3. Pemeliharaan Bangunan dan Renovasi/Alih fungsi Ruang Gudang
3.1 Menyusun rencana Program Pemeliharaan Bangunan dan Renovasi / Alihfungsi Ruang Gudang
3.2 Melakukan renovasi/alih fungsi ruang gudang
3.3 Melakukan pengecatan gedung sekolah.
3.4 Melakukan perbaikan dan penggantian bagian bangunan yang rusak
3.5 Memelihara dan mendayagunakan Kamar Mandi/WC guru dan siswa.
4. Pemeliharaan dan Penambahan Sarana Komputer untuk Praktik Siswa
4.1. Menyusun rencana anggaran pemerliharaan dan penambahan komputer baru
4.2. Melakukan perbaikan komputer yang mengalami kerusakan/ trobel.
4.3. Menambah/membeli minimal 5 (lima) unit komputer, baik secara tunai maupun kredit.

5. Pemeliharaan dan Penambahan Buku dan Sarana Perpustakaan
5.1. Menyusun rencana kebutuhan buku dan sarana perpustakaan berikut anggarannya.
5.2. Meminta kepada para lulusan untuk menyumbangkan buku-buku yang layak pakai untuk dipajangkan di perpustakaan.
5.3. Mengajukan permohonan kepada pemerintah untuk dikirim Buku Paket dan buku-buku perpustakaan lainnya.
5.4. Mengadakan kerja sama dengan Pusat Perbukuan dan Penerbit.
5.5. Membeli minimal 1 buah rak buku.
6. Pemeliharaan dan Penambahan Alat Peraga
6.1. Menyusun rencana kebutuhan sarana alat peraga untuk masingmasing mata pelajaran.
6.2. Merencanakan untuk membeli alat audio visual bahasa Inggris dan mata pelajaran lainnya..
6.3. Tape Recorder (Sound system)
6.4. Membeli 1 (satu) buah pesawat telvisi berikut VCD nya.
6.5. Membeli 1 (satu) buah key board untuk keperluan intra dan ekstrakuri-kuler
6.6. Membeli alat-alat olah raga yang dianggap paling penting untuk kperluan intra dan ekstrakurikuler.
6.7. Membeli sarana dan prasarana untuk kegiatan ekstrakurikuler (Pramuka, Seni kasidah dll)
7. Pemeliharaan dan Penambahan Sarana dan Prasarana Kantor dan Kelas
7.1. Menyusun rencana kebutuhan dan anggaran sarana/prasarana kantor dan kelas.
7.2. Melakukan perbaikan meubeler yang rusak.
7.3. Pengadaan/pembelian 2 set meja kerja Pembantu Kepala Madrasah
7.4. Pengadaan/pembelian maf file data untuk guru dan pegawai Tata Usaha
7.5. Melakukan perbaikan komputer dan printer yang mengalami kerusakan
7.6. Membeli printer baru untuk leancaran tugas kerja kantor.

G. PROGRAM KERJA BIDANG HUBUNGAN DAN KERJASAMA DENGAN MASYARAKAT
1. Rasional
1.1. Dalam rangka mewujudkan visi dan misi MTs Nurul Hikmah Haurgeulis sesuai dengan MBM dirasakan perlunya revitalisasi hubungan madrasah dengan masyarakat dan lingkungan sekitar serta instansi vertikal dan horisontal.
1.2. Hubungan masdarah dengan masyarakat dan intansi lain dimaksudkan untuk
1.2.1. mengembangkan pemahaman masyarakat terhadap madrasah,
1.2.2. menilai program madrasah,
1.2.3. mempersatuan orang tua murid dan guru dalam memenuhi kebutuhan peserta didik,
1.2.4. mengembangkan kesadaran tentang pendidikan madrasah dalam era globalisasi,
1.2.5. membangun dan memelihara kepercayaan masyarakat terhadap madrasah,
1.2.6. memberi masyarakat tentang pekerjaan madrasah,
1.2.7. mengerahkan dukungan dan bantuan pemeliharaan dan peningkatan program madrasah.
2. Hubungan dan Kerjasama dengan Komite Madrasah
2.1. Meningkatkan fungsi dan peranan Komite Madrasah sesuai dengan peraturan yang belaku.
2.2. Melengkapi kepengurusan Komite madrasah agar benar-benar berdayaguna dan berhasil guna.
2.3. Mengadakan rapat koordinasi dengan Komite Madrasah untuk memecahkan maslah bersama dan menyusun program kerja.
2.4. Mengadakan dan mengikuti pertemuan rutin dan rapat kerja Komite Madrasah dalam membahas program-program madrasah.
3. Hubungan dan Kerjasama dengan Orang Tua/Wali Siswa
3.1 Mengadakan musyawarah dengan seluruh orang tua wali siswa pada awal tahun pelajaran guna membahas dan mensosialisasikan program-program madrasah, Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah.
3.2 Mengadakan pertemuan dengan orang tua/wali siswa minimal 2 kali dalam satu tahun.
3.3 Mengadakan pertemuan insidental dengan orang tua/wali siswa guna memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik.
3.4 Memberikan tugas kepada Guru BK adan/atau Wali Kelas untuk melakukan home visit kepada orang tua wali siswa, guna membahas masalah yang dihadapi oleh siswa.
4. Hubungan dan Kerjasama dengan Pengurus Yayasan
4.1. Mengundang pengurus Yayasan dalam setiap rapat, baik dalam rapat pembinaan guru, rapat Komite Madrasah maupun rapat dengan orang tua/wali siswa.
4.2. Mengadakan konsultasi khusus dengan Pengurus Yayasan Nurul Hikmah tentang pengangkatan dan/atau pemberhentian tenaga guru/karyawan.
4.3. Menghadiri undangan rapat yang diselenggarakan oleh Pengurus Yayasan.
5. Hubungan dan Kerjasama dengan Departemen Agama
5.1. Menghadiri undangan rapat yang diselenggarakan oleh Kantor Departemen Agama, maupun Kantor Wilayah Departemen Agama,
5.2. Melakukan konsultasi baik secara rutin maupun insidental dengan Kantor Departemen Agama maupun Kantor Wilayah Departemen Agama untuk mendapatkan bantuan fisik bangunan maupun bantuan lainnya.
5.3. Mengajukan permohonnan guru DPK atau GBS kepada Kandepag/Kanwil Depag
5.4. Mengajukan permohonan kepada Departemen Agama melalui Kandepag kabupaten untuk mendapatkan, BKG,
6. Hubungan dan Kerjasama dengan KKM
6.1. Menghadiri undangan rapat yang diselenggarakan oleh KKM,
6.2. Melakukan konsultasi dengan KKM untuk membahas programprogram madrasah baik sewcara rutin maupun insidental menjelang Ujian Semester maupun Ujian Akhir.
6.3. Melakukan usul program kepada KKM tentang Penyelenggaraan Ujian Akhir untuk dibahas bersama.
7. Hubungan dan Kerjasama dengan Dinas Pendidikan
7.1. Menghadiri undangan rapat yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan.Kabupaten maupun KCD Pendidikan Kecamatan
7.2. Melakukan konsultasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten maupun Dinas Pendidikan Provinsi guna mendapatkan bantuan, baik bantuan fisik bangunan maupun bantuan lainnya.
7.3. Melakukan konsultasi tentang pelaksanaan Ujian Akhir dengan Dinas Pendidikan Kabupaten.
8. Hubungan dan Kerjasama dengan Sekolah Lain.
8.1. Mengadakan kerjasama dengan SD / MI untuk memperoleh masukan siswa baru
8.2. Melakukan sosialisasi tentang penerimaan siswa baru, baik melalui brosur ataupun kunjungan.
8.3. Melakukan kersama sama dengan SMP/MTs lain untuk meningkatkan mutu pendidikan.
8.4. Melakukan kerjasama dengan SMA/MA, MTs/SMP tentang tenaga Guru Tidak Tetap (GTT).
H. PROGRAM KERJA BIDANG TATALAKSANA KANTOR
1. Rasional
1.1. Dalam rangka melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah, maka tata laksankan kantor perlu ditata dan ditingkatkan.
1.2. Tatalaksana Kantor merupakan motor penggerak untuk terlaksananya semua program madrasah

2. Adminstrasi Keuangan Madrasah
2.1 Mentertibkan Penerimaan, Penggunaan dan Pembukuan Keuangan Madrasah yang Berasal dari Bantuan Operasional Sekolah
2.1.1. Menyusun Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Sekolah (RAPBS), dengan prinsif anggaran yang yang seimbang.
2.1.2. Mentertibkan pembukuan penerimaan dan pengeluaran Dana Bantuan Operasional dari pemerintah
2.1.3. Mensosialisasikan tentang pentingnya Dana Sumbangan pendidikan untuk kemajuan madrasah kepada orang tua/wali siswa, dan siswa.
2.1.4. Membuat dan menyampaikan Laporan Pertangung jawaban (LPJ) Keuangan Sekolah tepat waktu.
2. 2. Meningkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Guru dan Karyawan Lainnya
2.2.1. Berusaha untuk meningkatkan honorarium guru dan pegawai lainnya sesuai dengan penerimaan keuangan sekolah, dan membayarkannya tepat waktu.
2.2.2. Mengusulkan kepada pemerintah c.q. Departemen Agama untuk mendapatkan Bantuan Khusus Guru dan Bantuan Guru Kontrak.
2.2.3. Berusaha agar setiap guru yang ditugaskan dalam suatu kepanitiaan mendapat imbalan honor sesuai dengan pengabdiannya.
2.2.4. Mengusahakan agar penggantian transport guru dalam KBM disesuaikan dengan jauh dekatnya rumah dari sekolah (besarnya ongkos).
3. Administrasi Kesiswaan
3. 1. Menyusun program administrasi kesiswaan.
3. 2. Mengusahakan untuk melengkapi buku-buku administrasi kesiswaan (Buku Induk Siswa, Buku Klaper, Buku Mutasi Siswa, dan lain-lain)
3. 3. Mengusahakan buku-buku administrasi kesiswaan diisi dengan dengan rapih dan lengkap.
3. 4. Mengusahakan buku absen, buku nilai, legger, dan agenda kelas diisi dengan lengkap dan rapi.
3. 5. Menyimpan dan mengamankan Buku Induk Siswa.
3. 6. Membuat data statistik dan kohort perkembangan siswa.
3. 7. Membuat Grafik Absensi di setiap kelas.
4. Administrasi Kepegawaian
4.1. Menyusun program adminsitrasi kepegawaian
4.2. Menata administrasi kepegawaian Buku Induk Kepegawaian agar data guru/pegawai mudah dicari,
4.3. Mengajukan Pemberhentian dan Pengangkatan guru/pegawai baru kepada Pengurus Yayasan Nurul Hikmah Haurgeulis.
4.4. Menata dan melengkapi Sarana Administrasi Kepegawaian
4.5. Mengusahakan adanya papan data tentang kepegawaian untuk mempermudah mencari data tentang kepegawaian jika diperlukan dan memudahkan pengontrolan.
4.6. Mengusulkan kepada Pengurus Yayasan Nurul Hikmah , agar setiap guru dan pegawai yang bekerja di lingkungan MTs Nurul Hikmah Haurgeulis mendapat SK sebagai guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap.
4.7. Menyediakan guna file untuk menyimpan data guru dan pegawai lainnya.

5. Administrasi Sarana dan Prasarana
5.1. Menyusun program perlengkapan
5.2. Meninventarisir kebutuhan minimal perlengkapan pada awal tahun pelajaran.
5.3. Mengusahakan agar kebutuhan minimal perlengkapan dapat  terpenuhi sesuai dengan anggaran yang tersedia.
5.4. Setiap kebutuhan perlengkapan, baik perlengkapan pembelajaran maupun perlengkapan sarana kantor dicatat dan diprogram oleh Pembantu Kepala Madrasah Urusan Sarana dan Prasarana.
5.5. Barang-barang yang telah tidak layak pakai segera dihapus dari daftar inventaris untuk segera mendapatkan penggantinya.
5.6. Menyusun program Perpustakaan
5.7. Menginventarisir kebutuhan buku teks dan buku perpustakaan untuk guru dan siswa.
5.8. Mengkalsifikasi buku-buku perpustakaan.
5.9. Menyajikan kolekasi/penyusunan buku di Rak.
5.10. Menyediakan kartu pinjaman buku bagi siswa

JADWAL PROGRAM KERJA TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

No
Uraian Kegiatan
Waktu Kegiatan
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
7
1. Umum













1.
Pembuatan Program Kerja Tahunan
v












2.
Fungsionalisasi ruangan/lingkungan
v

v

v

v

v

v


3.
Rapat-rapat
v


v


v


v

v

4.
Rapat Pembagian Tugas guru
v





v






5.
Rapat Pembinaan
v


v


v


v



6.
Rapat Semester




v





v


7.
Rapat Kenaikan Kelas




v





v


8.
Rapat dengan Majelis Madrasah
v





v






9.
Rapat Orang Tua/Wali Siswa

v





v





10.
Upacara sekolah
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v

11.
Upacara Hari Besar Nasional

V











2. Kurikulum













1.
Pembagian tugas mengajar/penyusunan jadwal
v





V






2.
Penyusunan Program Pengajaran
v





V






3.
Penyajian Program Pengajaran/Pelaksa-naan KBM

v





V





4.
Ulangan Umum Akhir Semester





v





V

5.
 Persiapan
v





V






6.
Pelaksanaan

v





V





7.
Penyelesaian





v





V

8.
Ujian Nasional









V



9.
Pendaftaran Calon Peserta/Menyu-sun US 1, US 2




V








10.
Persiapan administrasi
v





V






11.
Pelaksanaan

v





V





12.
Penyelesaian




v






V

13.
Kenaikan kelas











V

3. Kesiswaan













1.
Penerimaan Siswa Baru
V












2.
Penataran/Orientasi
V












3.
Bimbingan dan Konseling
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

4.
Pemilihan Pengurus OSIS



V









5.
Dilklat Kepemimpinan Siswa




V








6.
Pembinaan Siswa
v

v

v

v

v

V


7.
Kegiatan Pramuka

V











8.
Penerimaan anggota baru Pramuka
V












9.
Latihan Pramuka
v
V
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

10.
Kenaikan tingkat





V







11.
Perkemahan hari jadi Pramuka

V











12.
Lomba Tingkat




V








13.
Latihan dak`wah dan seni kasidah
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

14.
Pembinaan IMTAQ melalui pesantren Romadhon

v
V










15.
Penyusunan Program

v











16.
Pendaftaran calon peserta

V











17.
Pelaksanaan Program

v
v
V









18.
Evaluasi



V









4. Ketenagaan













1
Peningkatan Profesi guru/karyawan



v



v


V


2
Diklat Tenaga kependidikan

v






V




3
MGMP



v





V



4
Pembinaan Mental/spiritual
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

5
Pembinaan tugas guru/karyawan


v


v


V




6
Reorganisasi Majelis Madrasah











V

7
Meningkatkan kesejahteraan guru/karyawan
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

8
Laporan Ketenagaan
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

5. Sarana dan Prasarana













1
Inventarisasi sarana/prsarana
v
V











2
Perlengkapan kantor kelas
v
V











3
Alat/bahan praktik, bukubuku
v
V











4
Perpustakaan
v
V











5
Pengadaan barang inventaris
v
V











6
Kursi Siswa
v
V











7
Kursi/meja Guru
v
V











8
Komputer
v
V











9
Alat/nahan praktik, bukubuku
v
V











10
Pemeliharaan ringan gedung madrasah
v





V






11
Laporan Inventaris


v










6. Keuangan













1
Penyusunan RAPBS
V












2
Pembuatan Daftar Honorarium/Gaji
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

3
Pengelolaan Dana Bantuan Operasional
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

7. Ketatausahaan













1
Administrasi Keuangan
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

2
Penerimaan Keuangan


v


v


v


V

3
Pembukuan Keuangan
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

4
Laporan/Penerimaan keuangan
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

5
Administrasi Siswa
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

6
Buku Induk

V











7
Buku Klaper

v











8
Buku Mutasi
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

9
Administrasi Kepegawaian
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

10
Usul Pengangkatan Guru/Karyawan baru













11
Usul Pemberhentian Guru/Karyawan













12
Buku Mutasi Kepegawaian













13
Pengarsipan surat menyurat
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

14
Laporan Ketatausahaan
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V

8. Hubungan Masyarakat













1
Hubungan Majeli/Menyusun RAPBS
V












2
Rapat Pleno Majelis Madrasah
v




v





V

3
Rapat Pengurus Majelis Madrasah
v




v





V

4
Konsultasi dengan Kanwil DEPAG













5
Konsultasi/Rapat dengan Kandepag
v





v



V


6
Konsultasi dengan Dinas Pendidikan
v

v




V





7
Hubungan dengan tokoh masyarakat
v




v





V

8
Hubungan dengan dunia usaha













9. Supervisi













1
Pemeriksaan Administrasi PBM
v




v





V

2
Kunjungan Kelas
v



v



v




3
Pemeriksaan Sarana/Prasarana
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V
V

4
Pemeriksaan Administrasi Tata Usaha


v


v


v


V

5
Pemeriksaan KeuanganBOS
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
V
V


















BAB V
P E N U T U P


Program Kerja Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Haurgeulis ini kami susun sebagai pedoman kerja bagi pengelola (kepala Madrasah, Guru dan stap Tata Usaha) MTs Nurul Hikmah Haurgeulis tahun pelajaran 2009/2010. Program Kerja ini tentu jauh dari pada sempurna, di sana sini masih terdapat kekurangan dan kekeliruan, oleh karena itu kepada semua pihak yang terkait dengan masalah peningkatan mutu pendidikan di Indonesia kami mohonkan saran dan kritik untuk kesempurnaan di masa yang akan datang. Kami yakin, bagaimanapun baik dan sempurna sebuah program, tanpa dukungan dan bantuan pihak-pihak yang terkait dengan program itu, tidak akan berhasil. Dan sebaliknya, adanya dukungan yang kuat terhadap suatu rencana tanpa program kerja hasilnya tidak akan sempurna. Kepada semua pihak yang telah mebantu untuk terwujudnya Program Kerja ini kami haturkan banyak terima kasih, semoga amal baiknya senantiasa dicatat sebagai amal sholeh dan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah S.W.T.


                                                        Haurgeulis,   Juli 2009
                                                                                              Kepala Madrasah




                                                                                              ALI ROSIDI, S.Pd

                             
                                                                       Mengetahui :


          Ketua Komite Madrasah,                                         Ketua  Yayasan



             DARMAWAN, S.Pd,                                          HAFIDZ BAEHAQI
                                                                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar